Membuat "Page Number" Berbeda Pada MS. Word

Ditulis Oleh Unknown Minggu, 26 Mei 2013 1 Comment
Bagi yang sedang menyusun laporan Kerja Praktik maupun Tugas Akhir pasti sering bingung pada saat pembuatan Page Number (Nomor Halaman). Untuk daftar isi, daftar pustaka dan lainya nomor halamannya berbeda dengan bagian isi laporan. Daftar isi, daftar pustaka dan lainya menggunakan nomor (angka) romawi  (misal: i, ii, iii, iv dst) sedangkan untuk bagian isi laporan menggunakan angka arab (misal: 1, 2, 3, 4 dst). Berikut akan ditampilkan cara membuat Page Number yang berbeda.

1. Buka file Microsoft Word yang akan diberi page number. Pertama membuat nomor halaman untuk bagian daftar isi, daftar gambar dst. Setelah itu baru membuat bagian isi dari laporan.

2. Klik "Insert" kemudian klik "Page Numbers" dan pilih letak nomor halaman yang di inginkan.

3. Untuk mengubah nomor menjadi angka romawi, blok page number kemudian klik kanan dan klik "Format Page Numbers..."

maka akan muncul kotak dialog "Page Number Format" kemudian ubah angka pada kotak "Number Format" menjadi angka romawi seperti gambar dibawah ini.

dan nomor akan berubah menjadi angka romawi seperti gambar dibawah ini.


4. Selanjutnya, membuat page number untuk bagian isi laporan. Pertama kita klik "Page Layout" - "Breaks" dan pilih "Next Page". Kemudian ubah angka romawi ke angka arab pada bagian isi laporan seperti cara pada poin 3.
sampai pada tahap ini, page number antara bagian daftar isi dll dan bagian isi laporan akan berbeda.

5. Apabila menginginkan jenis page number yang berbeda dengan bagian daftar isi dll, matikan dulu "Link  to Previous" dengan cara mengklik page number setelah itu klik menu "Design" dan klik "Link to Previous" (lihat gambar)Setelah Link to Previous dimatikan anda bisa mengubah jenis page number dengan mengikuti cara pada poin 2.




Hasil Akhir:


Sekian tutorial Membuat "Page Number" Berbeda, semoga bisa dimengerti. Tutorial ini dilakukan pada Microsoft Word 2010.
NB: Klik gambar untuk memperbesar gambar.
Terima Kasih Telah Membaca Artikel Dunia Teknik Sipil

1 Comment:

Anonim mengatakan...

tidak bisa mengganti huruf... mohon bantuannya,,

Posting Komentar

Copyright of Dunia Teknik Sipil | 2014